Banjir Masih Mengenangi Jalan Kembangan Utara

KS
Oleh Karel Stefanus Ratulangi
Senin 03 Desember 2012
share
Ilustrasi - inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Banjir setinggi 30 sentimeter, masih mengenangi Jalan Kembangan Utara Raya, tepatnya di depan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 pagi dan 02 Petang, Kembangan Utara, Jakarta Barat.

Meskipun sudah tiga hari belakangan ini tidak turun hujan namun masih ada genangan banjir akibat luapan air dari saluran warga yang terdapat pada kedua sisi jalan yang lebarnya masing-masing setengah meter. Air yang masuk ke saluran merupakan kiriman dari anak Kali Angke yang sudah tidak dapat menampung air kiriman dari Bogor.

Kasudin PU Tata Air Jakarta Barat, Monang Ritonga mengatakan bahwa air yang mengenangi jalan tersebut adalah hasil luapan anak Kali Angke yang airnya sudah meninggi akibat kiriman dari Bogor dan Tangerang yang curah hujannya sangat tinggi.

Hal tersebut karena posisi kali berada di atas hunian warga, maka air kali yang sudah meninggi sebagian meluap dan masuk ke saluran warga yang selanjutnya air turun ke lokasi yang lebih rendah. "Tapi biasanya banjir tersebut akan surut dengan sendirinya bila air di kali juga menurun. Dan biasanya tidak akan berlangsung lama dan ketinggian air tidak lebih dari 30 sentimeter," ujarnya, saat dihubungi (3/12/2012).

Sementara itu, Suryati (45), warga RW 01, Kelurahan Kedoya Utara, mengatakan bahwa banjir akibat anak Kali Angke yang sudah tidak dapat menampung air kiriman dari Bogor itu sudah berlangsung hampir setiap tahun. "Jadi banjir yang mengenangi jalan ini boleh dikatakan setiap tahun saat musim hujan tiba," ujarnya, di Jakarta (3/12/2012).

Akibat kondisi genangan air tersebut selain berdampak pada kemacetan. Selain itu ratusan siswa SDN, baik yang mau masuk sekolah maupun yang hendak pulang sekolah, serta para guru dan orang tua siswa, terpaksa harus melepas alas kakinya saat melewati jalan tersebut.[bay]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA