Menko Polhukam: OPM Dicampuri Asing

LZ
Oleh Laela Zahra
Senin 03 Desember 2012
share
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menduga Organisasi Papua Merdeka (OPM) banyak didukung organisasi dari negara asing.

"Pasti ada, di luar-luar (negeri) itu kan juga suara-suara seperti itu selalu digaungkan. Di Inggris kemarin juga ada, di Amerika masih ada," ujar Djoko, di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (3/12/2012).

Namun negara, kata Djoko, tidak membiarkan pihak asing mendukung secara materi dan non materi terhadap upaya separatisme membentuk negara Papua. "Adalah organisasi-organisasi yang selalu bersuara di luar negeri, ada. Kita meresponsnya dengan membangun Papua dengan lebih," kata Djoko.

"Bagaimana kita membangun Papua, kita percepat, kita perluas. Kebijakan, lima kebijakan dasar Presiden untuk Papua itu yang menjawab," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, seorang warga negara Ukraina turut berunjuk rasa di Papua pada perayaan HUT OPM. Warga negara asing yang berprofesi sebagai pemadam kebakaran itu telah ditangkap dan dalam proses deportasi ke negara asalnya. [mvi]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA