Menkeu: Semua harus Tahu Dana Subsidi Cukup Besar

RA
Oleh Restu A Putra
Senin 03 Desember 2012
share
Menteri Keuangan Agus Martowardojo - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Realisasi subsidi BBM bersubsidi 2012 diperkirakan akan lebih dari Rp200 triliun.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan rasio subsidi terhadap belanja negara sejak 2009 hingga 2013 itu terus turun dari 23% menjadi 12%, namun jumlah alokasi subsidi BBM itu cukup besar.

"Kita saat ini belum berencana melakukan penyesuaian BBM, tetapi memang masyarakat harus tahu bahwa subsidi BBM kita besar, jadi kita betul-betul harus mengelola subsidi ini dengan baik," ujar Menkeu di Kantor Kementerian Keuangan, Senin (3/12/2012).

Ia mengatakan 2012 ini, selain subsidi BBM yang diperkirakan bakal melewati Rp200 triliun, subisidi listrik pun sudah tembus mencapai Rp89 triliun. Akibatnya defisit anggaran per 30 November 2012 ini mencapai 2,3%-2,4%. "Realisasinya masih defisit Rp50 triliun," kata dia.

Namun demikian, menkeu tetap mengharapkan penghematan subsidi dilakukan bahkan tidak lagi dipakai kalau tidak sesuai sasaran. "Bila dimungkinkan kalau ada penghematan dengan meyakni yang tidak perlu menggunakan subsidi jangan pakai, kita bisa alihkan ini untuk belanja yang lebih bermanfaat seperti infrastruktur, atau pun belanja sosial lainnya," ujarnya. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA