Pertamina-Chandra Asri Garap Pabrik Polypropylene

RR
Oleh Ranto Rajagukguk
Senin 03 Desember 2012
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pertamina bekerja sama dengan PT Chandra Asri Petrcochemical Tbk mengembangkan industri petrokimia dengan pengoperasian sebuah pabrik polypropylene.

"Pabrik polypropylene ini dirancang untuk memproduksi berbagai tingkat (grade) polypropylene dengan kapasitas 250.000 ton per tahun untuk memenuhi peningkatan permintaan bahan baku plasti di domestik," kata Direktur Pengolahan PT Pertamina, Chrisna Damayanto di Kantor Pertamina Pusat, Senin (3/11/2012).

Menurut Chrisna, selain menjawab kebutuhan bahan baku bagi domestik. Ke depannya, potensi kerja sama ini juga diharapkan mampu menjawab permintaan negara-negara tetangga di Asia Tenggara.

Pabrik yang diproyeksikan beroperasi pada tahun 2015 ini akan berlokasi di Unit Pengolahan VI Pertaminan di Balongan, Indramayu, Jawa Barat. "Kami perkirakan kita akan mampu mengurangi impor polypropylene yang saat ini sudah mencapai 500-600 ribu ton," tutur dia.

Presiden Direktur Chandra Asri, Erwin Ciputra, mengatakan pengembangan kerja sama ini diperkirakan mampu berkontribusi besar terhadap pengembangan sektor industri plastik di Tanah Air.

"Hal ini bakal menjadi fondasi bagi pertumbuhan sektor industri lainnya, seperti kemasan dan sektor industri plastik," ujarnya yang menambahkan dana yang bakal digelontorkan mencapai US$200 juta.

Investasi yang diperoleh merupakan dari sindikasi bank internasional. Dan jika investasi ini terealisasi maka pendapatan atas penjualan polypropylene domestik mencapai Rp10 triliun - Rp11 triliun per tahun. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA