Pasien DBD Bisa Rawat Inap di Puskesmas

WP
Oleh Wahyu Praditya Purnomo
Minggu 06 Januari 2013
share
Puskesmas - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Mulai 2013 ini, Pemprov DKI Jakarta memberikan pelayanan rawat inap bagi pasien demam berdarah dengue (DBD) pada setiap pusat kesehatan masyarakat (puskemas) di seluruh wilayah DKI Jakarta.

"Jadi puskesmas tidak lagi perlu merujuk pasien ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan DBD," kata Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati saat dihubungi di Jakarta, Minggu (6/1/2012).

Dien mengatakan, terkait pelayanan rawat inap bagi pasien DBD di puskesmas di Jakarta, Dinas Kesehatan DKI akan mengevaluasi pelayanan puskesmas kecamatan dan kelurahan yang ada di Jakarta.

Dalam waktu dekat ini, kata dia, keterampilan seluruh dokter di puskesmas akan ditingkatkan. Sehingga mereka dapat memberikan pelayanan kesehatan yang hampir setara dengan dokter di rumah sakit.

"Dengan meningkatknya keterampilan para dokter, diiringi dengan pembangunan ruang rawat inap dan laboratorium darah, maka dokter puskesmas tidak perlu lagi merujuk ke rumah sakit," ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, di DKI Jakarta sudah ada 22 puskesmas yang memiliki fasilitas ruang rawat inap dengan kapasitas totalnya 160 tempat tidur. Bila diperlukan, Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta akan membuat tambahan ruangan untuk laboratorium pemeriksaan darah yang canggih. Sehingga bisa memeriksa diploid dan tes darah untuk mengetahui penyakit DBD.[yeh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA