Tingkatkan Puskesmas, DKI Gandeng RSCM dan UI

WP
Oleh Wahyu Praditya Purnomo
Minggu 06 Januari 2013
share
Pelayanan puskesmas - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Dalam memberikan pelayanan maksimal di puskesmas, Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dien Emmawati. Dengan kerjasama tersebut, kata Dien, akan banyak dokter dari dua institusi tersebut yang nantinya direkrut menjadi dokter-dokter di puskesmas.

Menurut Dien, tenaga medis di puskesmas akan ditambah. Begitu juga dengan dokter-dokter internis (penyakit bagian dalam) dari FKUI juga akan diturunkan ke puskesmas. Mulai Januari, langkah ini akan mulai diterapkan.

"Pada daerah-daerah kumuh, yang jumlah pasiennya ada peningkatan, maka dokternya akan ditambah dan ditraining. Lalu fasilitasnya ditambah, selanjutnya, dokter-dokter yang bekerja sama dengan FKUI dan RSCM dimasukkan ke puskesmas sehingga ada penambahan dokter," jelas Dien.

Dia menuturkan, selama ini RSUD cukup kewalahan dalam menangani pasien-pasien rujukan dari puskesmas. Pasien rujukan hampir ada 30 hingga 40%. Artinya, dokter di puskesmas memberikan rujukan ke RSUD tanpa ada pertimbangan matang, padahal pasien bisa dirawat di puskesmas. [yeh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA