Jokowi Kepedean Pembangunan DKI Berjalan di 2013

WP
Oleh Wahyu Praditya Purnomo
Minggu 06 Januari 2013
share
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo - Inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) banyak mengusulkan program pembangunan pada tahun pertama masa kepemimpinannya. Mantan Wali Kota Solo itu pun yakin beberapa program pembangunan akan dilaksanakan pada 2013.

Beberapa program pembangunan yang akan dilakukan 2013 di antaranya, penataan kampung sebanyak 30 kampung, melanjutkan pembangunan Mass Rapid Transit (MRT), Monorel, hibah 1.000 bus sedang, dan pembangunan Instalansi Pengolahan Air Limbah Terpadu (IPALT) atau Jakarta Sewerage.

Belum lagi penerapan kebijakan ganjil genap yang membutuhkan persiapan yang sangat mendetail, lalu pembangunan elevated busway serta pembangunan deep tunnel atau terowongan multiguna. Kesemuanya program ini masuk dalam 20 program unggulan yang dianggarkan dalam Rancangan APBD DKI 2013.

Terkait pelaksanaan banyaknya mega proyek yang dimulai tahun ini, Jokowi mengaku tidak akan kerepotan atau membuat pelaksanaannya tumpang tindih.

"Kalau kerja terintegrasi sebagai integrated program pasti sudah dihitung semua biayanya. Kalau berani memulai pasti sudah ada kalkulasinya," kata Jokowi.

Menurut dia, dalam pelaksanaan proyek pembangunan dipastikan masyarakat akan terganggu. Namun itu semua untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Jakarta juga. "Seperti yang sekarang di Casablanca, pembangunan jalan layang non tol, pasti terganggu, namanya proyek," ujarnya. [yeh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA