Partai Baru Cuma NasDem

KPU Loloskan 10 Parpol Peserta Pemilu 2014

MS
Oleh Marlen Sitompul
Minggu 06 Januari 2013
share
Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Partai politik (parpol) yang lolos dari hasil verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 adalah sebanyak 10 parpol dari 16 parpol yang lolos administrasi awal KPU. Yaitu sembilan parpol di parlemen, dan Partai NasDem sebagai parpol baru peserta pemilu.

Menurut Koordinator Komite Pemilih Indonesia, Jeirry Sumampow, parpol peserta Pemilu 2014 yang memenuhi persyaratan berdasarkan undang-undang adalah 10 parpol.

"Dari hasil verifikasi parpol itu yang lolos hanya 10 partai, sembilan partai yang di parlemen, dan satu partai baru yaitu NasDem," kata Jeirry saat konferensi pers tentang hasil verifikasi parpol, di Cikini, Jakarta Pusat, Minggu (6/1/2013).

Dia menjelaskan, dari 16 parpol yang tidak lolos verifikasi faktual KPU di antaranya adalah, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Kesatuan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), dan Partai Persatuan Nasional (PPN).

Sementara, 18 parpol yang yang diusulkan DKPP yang sebelumnya dinilai KPU tidak lolos ferivikasi faktual secara keseluruhan tidak lolos. Sebab, tidak memenuhi persyaratan parpol peserta pemilu. Sebab, 18 parpol itu tidak ada disemua provinsi, itu mulus artinya tidak semua lolos.

"Karena jika disalah satu provinsi saja tidak lolos, maka itu tidak bisa diloloskan. Syarat kepengurusan dan syarat keanggotaan ditingkat provinsi dan kabupaten kota," jelas Jeirry.

Data tersebut berdasarkan data yang dikumpulkan dari berbagai sumber. "Kami himpun dari berbagai sumber, tentunya dari kawan-kawan yang bekerja di lapangan. Yakni berdasarkan informasi teman-teman Panwas yang bekerjasama dengan kami dan Bawaslu, dan teman-teman aktivis," paparnya.

Diketahui, besok Senin (7/1/2013) KPU akan mengumumkan hasil verifikasi faktual KPU bagi seluruh parpol yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi KPU. [yeh]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA