Mentan: Perluasan Lahan Pacu Produktivitas Gula

TS
Oleh Tio Sukanto
Minggu 06 Januari 2013
share
Menteri Pertanian, Suswono - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Pertanian mengakui persoalan lahan masih menjadi kendala utama dalam peningkatan produksi gula. Demikian pula dengan lambatnya proses revitalisasi pabrik gula.

Demikian disampaikan Menteri Pertanian, Suswono di kantor Kementerian Pertanian, Jumat kemarin (4/1/2013). "Kunci perluasan peningkatan produksi gula adalah dengan meningkatkan produktivitas tanaman dan perluasan areal tebu. Begitu juga program revitalisasi pabrik gula yang lambat," kata Suswono.

Suswono mengatakan bahwa, mengingat program swasembada gula terkendala permasalahan ketidaktersediaan lahan maka target gula di 2013 difokuskan pada pemenuhan kebutuhan konsumen.

"Target produksi gula konsumsi tahun 2013 sebesar 2,82 juta ton, akan dapat dicapai dari target areal seluuas 454,2 hektar. Dengan produktivitas tebu 80 ton per hektar dan kadar kandungan gula 7,75%," kata Suswono.

Lebih lanjut Suswono mengatakan target produksi gula tahun ini diperkirakan meningkat 9,1% dibandingkan dengan tahun 2012 yang sebesar 2,41 juta ton.[jin]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA