Mentan: Petani Itu Omsetnya Puluhan Juta

TS
Oleh Tio Sukanto
Minggu 06 Januari 2013
share
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Menjadi petani padi mungkin sepintas tidak ada dibenak pikiran kita semua. Tapi siapa sangka bisnis ini bisa meraup keuntungan puluhan juta rupiah tiap tahunnya.

Demikian disampaikan Menteri Pertanian, Suswono di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (4/1/2013). "Petani itu modalnya hanya Rp6,5 juta per hektar. Tapi ketika panen dia dapat mengumpulkan uang sebesar Rp24 juta per hektar," kata Suswono.

Suswono megatakan bahwa pencapaian angka tersebut tidak terlepas dari harga pembelian pemerintah (HPP) beras yang tinggi. Dimana pada akhir tahun 2012 HPP harga beras mencapai Rp6500/kg. "Saya pikir harga yang ada saat ini merupakan yang tertinggi dalam sejarah petani. Ini patut di sukuri," katanya.

Meski petani dapat meraup keuntungan puluhan juta. Suswono masih merasa kurang puas dengan capaian itu. Pasalnya sedikitnya lahan yang dimiliki oleh petani masih menjadi kendala. "Sekarang ini petani hanya memiliki lahan seluas 0,3 hektar. Padahal idealnya 1-2 hektar. Ya harapan kita minimal dua hektarlah," kata Suswono. [jin]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA