Swasembada Gula Butuh Lahan 350 Ribu Hektar

ST
Oleh Seno Tri Sulistiyono
Sabtu 12 Januari 2013
share
Industri Gula - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta Kementerian Perindustrian diminta ikut berperan dalam pencapaian swasembada gula, dengan membantu membentuk industri gula.

"Ini sudah terhambat lebih dari dua tahun, kita membutuhkan 350 ribu hektar untuk revitalisasi industri gula," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Jumat (11/1/2012) malam.

Menurutnya, pencapaian swasembada gula saat ini masih terhabat oleh lahan serta pabrik gula yang belum memenuhi jumlah yang dibutuhkan dan Badan Pertahan Nasional (BPN) juga harus ikut mencarikan lahan yang baik untuk tanaman tebu.

"Nanti kepala BPN akan menelusuri satu per satu lokasi yang sudah diplot oleh kita, ini kan untuk kepentingan program swasembada gula. Tanah tersebut juga untuk di 18 lokasi di luar jawa" tuturnya.

Selain gula, peningkatan produksi garam juga sangat diperlukan. Daerah Nusa Tenggara Barat (NTT) yang sangat berpotensi menghasilkan garam, nantinya akan ada pengalihan lahan yang sudah tidak berfungsi menjadi tempat memproduksi garam.

"NTT kabupaten Agikeu dan di Kupang dinyatakan untuk sentral produksi garam. Kita jajaki untuk realisir itu, ada salah satu investor dari Australia akan masuk d salah satu kabupaten ini untuk mempercepat fasilitasi khusus masalah lahan," ujar Hidayat. [mel]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA