Flu Itik Diprediksikan dari India

RR
Oleh Ranto Rajagukguk
Sabtu 12 Januari 2013
share
Foto : Ilustrasi

INILAH.COM, Pekalongan - Kementerian Pertanian (Kementan) memperkirakan menyebarnya virus flu burung H5N1 clade 2.3.2 yang menyerang itik lantaran proses migrasi itik dari suatu negara.

"Saya prediksi ini karena itik yang di India sehingga virus tersebut masuk ke sini. Pola seperti ini sudah kami pelajari," kata Menteri Pertanian Suswono dalam Sarasehan Petani, di Desa Kebon Agung, Pekalongan, Jawa Tengah, Sabtu (12/1/2013).

Menurut dia, pasca-penemuan virus flu burung di tahun 2003 silam, perkembangan virus tidak menyerang itik. Namun, dia melansir jenis virus ini merupakan varian baru sehingga mampu menyerang itik.

"Ya, padahal flu burung dulu tidak menyerang itik. Namun justru jenis varian virus ini mampu menyerang itik. Sudah banyak yang terserang sampai saat ini," katanya.

Suswono menambahkan, jika potensi depopulasi itik terjadi pada peternak, pihaknya akan memberikan bantuan atas implikasi kerugian yang diderita peternak.

"Kalau memang mengalami depopulasi kami akn berikan bantuan juga kepada peternak. Cuma tentunya ini juga masih kami pelajari," tutur dia.

Kementan sendiri mencatat, hingga kini kematin itik yang terkena virus tersebut sudah mencapai 250 ribu ekor atau sebesar 2% dri total populasi itik nasional sebanyak 47 juta ekor. [mel]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA