Kabareskrim: Hacker Tak Mungkin Bobol Bareskrim

RS
Oleh Renny Sundayani
Rabu 30 Januari 2013
share
Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Sutarman - inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri Komjen Pol Sutarman mengklaim Bareskrim Polri tidak gentar kepada para hacker (peretas) karena pihaknya percaya diri telah memiliki sistem keamanan yang kuat.

Namun begitu, dia mengakui banyak pengamanan situs milik pemerintah masih rendah. Menurut Sutarman, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya situs yang dibobol oleh hacker (peretas).

"Dari situ saja kita bisa analisa. Kalau bisa di-hack, berarti pengamanannya tidak baik. Termasuk dulu situs KPU, situs Polri juga pernah," kata Sutarman usai mengikuti Rapim Polri di Jakarta, rabu (30/1/2013). "Kalau Bareskrim kuat, kami kuat," tambahnya.

Pernyataan Sutarman ini menanggapi adanya protes dari kelompok peretas internasional, Anonymous, terhadap penangkapan peretas situs presidensby.info yang bernama Wildan. Anonymous Indonesia meminta Polri tidak menangkap dan menahan Wildan karena hal tersebut justru menunjukkan bahwa situs tersebut memiliki sistem keamanan yang rendah.

Dari peneusuran polisi, Wildan diketahui telah meretas tak kurang dari 5ribu situs. "Setelah ditangkap dan periksa, di log filenya ada 5.000 website yang di hack. Dia bekerja sendiri,"kata Sutarman. [tjs]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA