Polisi Kantongi Lokasi Pemasok 1 Ton Ganja

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Minggu 03 Februari 2013
share
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Kasubag Humas Polres Jakarta Selatan, Kompol Aswin mengatakan pihaknya telah mengantongi lokasi pemasok 1,18 ton ganja kering yang hendak beredar di Ibukota Jakarta.

"Polisi sedang melacak otak pelakunya si DO dan tinggal ditangkap saja," kata Aswin di Jakarta, Sabtu (2/2/2013).

Namun Aswin enggan menyebutkan identitas lengkap pelaku DO karena petugas masih melakukan pengejaran. "DO ada di luar Jawa," singkatnya.

Selain DO, kata Aswin, masih ada tiga orang lagi yang masih diburu di antaranya AG, ZUS, dan DAY. "Jadi ketiga orang ini posisi di dalam jaringan itu satu tingkat di bawah DO, si DO puncaknya," terang Aswin.

Aswin menjelaskan, penemuan ganja kering ini bermula ketika Polisi menangkap SD dengan barang bukti ganja kering seberat 250 gram pada Jumat (25/1/2013). Kemudian pelaku SD mengaku memperoleh ganja dari JD (34) yang berada di D'Best Cilandak, Jakarta Selatan.

Dikatakan oleh Aswin, polisi melakukan pengintaian di rumah tersebut dan dicurigai ada mobil Inova silver B 1195 KFS yang membuntutinya. "Tapi pada tanggal 30 Januari 2012 pukul 19.00 WIB, polisi menahannya," ujar Aswin.

Begitu mobil sampai di Kawasan Industri Kujang, Cikampek, ternyata ada tiga mobil lain yang sudah siap keluar dari sana. Ketiga mobil tersebut baru saja dapat limpahan ganja dari truk.

Lalu, tiga mobil pengedar ini berjalan beriringan. Begitu sampai di pintu Tol Cikarang, Bekasi, polisi menghentikan lajunya.

Saat dilakukan penggeledahan, mobil pertama dengan nopol F 1771 HA dengan dua penumpang, yaitu Z (31) dan A (30) membawa ganja kering 8 kardus atau 276 kilogram.

Mobil kedua dengan nopol B 1456 SQS yang dikemudikan oleh R (31), memuat ganja kering 6 kardus atau 208 kilogram. Mobil ketiga dengan nopol B 1803 VX berisi 2 tersangka DW (37) dan H (33)membawa ganja kering 9 kardus seberat 368 kilogram.

Sebuah mobil lainnya berhasil lolos walau sudah dibuntuti sejak awal. Saat dilakukan pengejaran, mobil ditemukan terparkir tanpa penumpang di Jalan Abu Sirih, Cilandak. Saat digeledah, didapati 8 kardus ganja kering seberat 276 kilogram di dalamnya.

Aswin menjelaskan secara terperinci ganja yang ditemukan di dalam mobil tersebut adalah milik AG.Sedangkan yang di mobil kedua milik ZUS dan mobil ketiga milik DAY. "Tapi tetap mengarah kepada DO," ujar Aswin

Kini ketujuh tersangka mendekam di tahanan Polres Jakarta Selatan. Atas perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 132, 114 ayat 2 sub 111 ayat 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukumannya minimal 5 tahun, maksimal hukuman mati. [gus]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA