Sandiaga: Ekonomi Nasional Akan Terus Tumbuh

RR
Oleh Ranto Rajagukguk
Minggu 03 Februari 2013
share
Pengusaha muda sukses nasional, Sandiaga Uno - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pengusaha muda sukses nasional, Sandiaga Uno optimistis ekonomi nasional akan terus tumbuh pada 2013. Meningkatnya investasi dan sektor konsumsi di dalam negeri jadi katalisnya.

Pemilik Recapital itu menyampaikan, seluruh pemangku kepentingan dinilai perlu menjaga pentingnya stabilitas ekonomi guna memaksimalkan pertumbuhan pembangunan. Karena itu, dirinya berharap pemerintah dan sektor usaha bersinergi bersama untuk menggenjot ekonomi nasional di tahun ini.

"Secara makro, ekonomi kita akan terus ditopang dari investasi dan konsumsi sehingga akan terus tumbuh. Karena itu ada baiknya semua stake holder turut ambil bagian untuk sama-sama meningkatkan ekonomi Indonesia," katanya di Jakarta, Minggu (3/2/2013).

Terkait investasi Sandi menyebutkan, di tahun ini investasi diperkirankan akan mengarah pada sektor industri pengolahan. Menurutnya, sudah saatnya Indonesia mengaplikasikan nilai tambah di sektor industri.

"Sektor industri berkontribusi bagi ekonomi nasional. Sudah saatnya kita melakukan nilai tambah guna mamjukan kompetensi industri di dalam negeri," ujarnya.

Untuk itu, Sandi berharap iklim investasi yang mulai menggarap di sektor pengolahan tidak terhambat lantaran kebijakan birokrasi pemerintah, ataupun sejumlah kepentingan politis. "Sekarang investasi akan marak. Saya harap ini tidak terganggu juga dengan politik yang akan memanas di tahun ini," ujarnya.

Secara khusus, Sandi juga berharap, agar sistem birokrasi tidak menjadi alasan pengusaha untuk tidak memaksimalkan usahanya. Namun demikian, pemerintah perlu membenahi kajian birokrasi yang justru menjad boomerang bagi iklim investasi di Tanah Air.

"Sesuatu yang mudah ya jangan dipersulit. Itu menurut saya juga sudah membantu pengusaha mengembangkan usahanya," katanya. [jin]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA