Kursi Gubernur Jatim Harus dari NU

IP
Oleh Iwan Purwantono
Minggu 03 Februari 2013
share
Foto : ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta - Nahdatul Ulama (NU) dinilai sudah waktunya tampil sebagai pemimpin dalam pemilihan gubernur Jawa Timur 2013. Bernyali menjadi calon gubernur (cagub) bukan calon wakil gubernur (cawagub).

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Slamet Effendi Yusuf menjelaskan, Jawa Timur adalah basis NU, sehingga wajar apabila pemimpinnya dari NU pula. "Karena 2008 sudah ada warga NU yang berhasil menjadi wakil gubernur. Untuk 2014 harus meningkat, gubernurnya orang NU," papar pria yang kerap disapa Cak Slamet di Jakarta, Minggu (3/2/2013).

Menurut mantan anggota DPR itu, demokrasi adalah wadah penyaluran aspirasi masyarakat. Karena jumlah warga NU di Jatim terbesar maka peluang warga NU menjadi pemimpin di Jatim, sangat terbuka.

"Ingat, azzam (cita-cita) nahdliyyin jadi gubernur, bukan lagi wakil gubernur. Saya yakin, banyak kader NU yang punya keunggulan. Rekam jejaknya bersih, berpengalaman serta amanah. Kalau kader NU menjadi gubernur maka kemaslahatan optimal untuk seluruh masyarakat Jawa Timur, semakin di depan mata," jelasnya. [mvi]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA