Target Inflasi 4,9% Pada 2013 Bakal Jebol

WI
Oleh Wiyanto
Rabu 03 April 2013
share
ist

INILAH.COM, Jakarta - Pengamat ekonomi meragukan target inflasi pemerintah yang mematok 4,9% pada 2013 bakal tercapai. Pasalnya tiga bulan pertama inflasi sudah mencapai 1,78%.


"Saya meragukan targetan inflasi pemerintah sebesar 4,9% pada tahun ini tercapai," ujar ekonom Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Hendri Saparini dalam diskusi pangan di Jakarta, Rabu (3/4/2013).

Keraguan Hendri akan tercapaianya targetan inflasi pemerintah cukup beralasan. Sebabnya secara kumulatif Januari - Maret inflasi sudah mencapai 1,78%. Berdasarkan angka tersebut mendekati, bahkan bisa menjebol targetan tersebut.

"Dari hitungannya saja angka 1,78% sudah mendekati 4,9% padahal kita masih 9 bulan lagi," katanya.

Berdasarkan laporan BPS, pemicu inflasi berasal dari pangan. Sekitar 55% bahan pangan menyumbang dari total inflasi 0,63%. "Itu harusnya nggak terjadi yang katanya kita adalah negara agraris," ucapnya.

Tingginya harga bahan pangan itu bedampak kepada kelompok masyarakat bawah. Daya beli mereka cenderung berkurang, "Ini masalah serius, kita masyarakat miskin medekati miskin. Mereka menghadapi kerentanan pangan, meskipun sudah tumbuh kelas menengah bawah 150 juta orang" jelasnya. [ast]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA