Pendidikan Politik Benar, Pemilih Muda Akan Matang

AR
Oleh Agus Rahmat
Senin 08 April 2013
share
Pengurus DPP PDI Perjuangan bidang Perempuan, Dewi Aryani - (Foto: inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Pendidikan politik kepada pemilih mudadinilai sangat penting. Selain menarik perhatian untuk ikut berpartisipasi dalam politik, juga membuat pemilih muda semakin matang.

Pengurus DPP PDI Perjuangan bidang Perempuan, Dewi Aryani mengatakan, semua pihak harus mendukung untuk pendidikan politik pemilih muda. "Pemilih muda adalah harapan masa depan bangsa," kata Dewi, Jakarta, Minggu (7/4/2013).

Anggota Komisi VII DPR ini mengatakan, pendidikan politik bagi pemilih muda adalah untuk mematangkan mereka dalam memahami politik. Dengan begitu, masa depan politik Indonesia bisa lebih baik lagi.

"Jika pemilih muda mendapatkan pendidikan politik yang benar dan cukup maka kematangan proses demokrasi ke depan dapat kita andalkan," katanya.

PDI Perjuangan, lanjut dia, mendukung sepenuhnya hal ini. Sebab, tujuan bernegara dapat diwujudkan jika generasi muda bisa memahami bagaimana bangsa dan negara ini dijalnkan.

"Salah satunya adalah pemilih muda terlibat secara sadar dan percaya diri melaksanakan hak politiknya dengan hadir sebagai pemilih di TPS pada setiap tahapan pemilu," jelas Dewi.

Dia menjelaskan, membangun kesadaran politik terhadap masyarakat adalah menjadi tugas semua pihak. Termasuk, partai politik yang menjadi wadah tersebut.

Lanjutnya, kaderisasi politik dan kaderisasi kepemimpinan bisa terjadi jika pemilih muda ini bisa diberdayakan. Diberikan pemahaman politik sejak dini sehingga mereka kelak bisa diandalkan.

"Jika pemilih muda paham tentang peran pentingnya maka demokrasi kita ke depan dapat bangkit dan memperkecil golput dalam pemilu yang akan datang," terang Dewi. [gus]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA