Kadin: Segera Realisasikan Paket Kebijakan Ekonomi

ST
Oleh Seno Tri Sulistiyono
Rabu 28 Agustus 2013
share
Ketua Umum Kadin (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Pelaku usaha mengharapkan paket kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah dapat dilaksanakan secepatnya.

Ketua Umum Kadin (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto mengatakan, pada prinsipnya kebijakan apa pun yang akan dilaksanakan pemerintah harus dilakukan dengan segera sebelum dampak negatifnya meluas, dan dunia usaha mengharapkan adanya hasil yang baik atas upaya-upaya itu."Harus segera dilakukan, kongkrit dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat," kata Suryo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Menurut Suryo, pemerintah harus mengendalikan kegiatan importasi migas yang tinggi, ketergantungan impor bahan baku serta impor barang-barang mewah yang tidak berkaitan dengan kegiatan industri serta tidak berkaitan dengan kebutuhan pokok masyarakat.

Semetara untuk stimulus moneter, pihaknya meminta agar sektor perbankan bersedia sedikit berkorban dengan menaikkan suku bunga deposito tanpa menaikkan suku bunga kredit (mempersempit spread). "Ekonomi nasional sedang sakit, bila obatnya ternyata harus terasa sakit ya tidak mengapa. Perbankan bisa berkorban dengan mengecilkan keuntungannya," ucap Suryo.

Selain itu, menurut dia, tindakan yang perlu dilakukan adalah memperkuat otoritas negara untuk menarik valuta asing hasil ekspor untuk kembali ke Indonesia. Ketegasan regulasi perlu disertai dengan pemberian insentif.

"Penggunaan ekspor dengan menggunakan LC, otoritasinya harus diperkuat terutama untuk migas dan sistem perdagangan dengan mekanisme CIF harus segera diefektifkan," kata Suryo.

Suryo juga menyarankan, agar pelaku usaha yang masih mampu meningkatkan ekspor bisa diberikan kemudahan prosedur dan insentif, antara lain dengan pinjaman lunak untuk modal kerja. Untuk mendatangkan lebih banyak devisa, Suryo juga menyarankan pemerintah untuk lebih gencar melakukan promosi wisata nasional yang dinilai sangat potensial. "Kedatangan wisatawan harus dipermudah, dan programnya ini harus sampai hingga pemerintah-pemerintah daerah," tutur Suryo. [mel]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA