Relaksasi Ekspor Mineral

Wacik: Ekspor Mineral Belum Tahu Hingga Kapan

RR
Oleh Ranto Rajagukguk
Rabu 28 Agustus 2013
share
Menteri ESDM, Jero Wacik - (Foto : inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum bisa memberi proyeksi terkait rentang waktu pembebasan ekspor mineral mentah yang diklaim guna membantu ekonomi nasional.

"Kami lihat dulu ekonomi ke depan seperti apa. Ekspor mineral memang akan direlaksasi di 2013 secara sementara," ujar Menteri ESDM, Jero Wacik di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Wacik menambahkan, pembebasan ekspor mineral dilakukan guna membantu ekonomi nasional yang kini tengah digucang dengan penguatan dollar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang nasional. Dengan ekspor mineral yang besar diharapkan ada trade balance antara impor-eskpor dalam negeri. "Kami ingin trade balance ekspor-impor dapat terjadi. Ini demi penyelematan ekonomi dan diharapkan bisa berpengaruh signifikan terhadap kurs," tutur Wacik.

Seperti diketahui salah satu paket kebijakan pemerintah untuk mendorong ekonomi nasional adalah dengan membebaskan ekspor mineral. Namun, hal ini berseberangan dengan upaya pemerintah untuk melaksanakan larangan ekspor mineral dalam undang-undang minerba (UU) No. 4/2009. Meski hanya tinggal beberapa bulan terimplementasi, pemerintah belum bisa memastikan, kapan salah satu paket kebijakan ini dihentikan. [mel]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA