BBN Jadi Prioritas Kebijakan Energi Nasional

ST
Oleh Seno Tri Sulistiyono
Rabu 28 Agustus 2013
share
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik - (Foto : inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Selain menjadi mandat pemerintah untuk mengurangi kebergantungan impor minyak mentah dan produk Bahan Bakar Minyak (BBM), penyerapan biodiesel bakal menjadi prioritas dari kebijakan energi nasional (KEN).

"Jadi mandatory penyerapan biodiesel 10% oleh Presiden juga akan disinergikan dengan KEN. KEN yang baru itu bahwa biodiesel akan menjadi prioritas kami ke depan," ucap Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Wacik menambahkan,konsep penyerapan biodiesel ini diarahkan juga bagi pengembangan sumber Bahan Bakar Nabati (BBN) yang lain. Sebagai wujud komitmen hal itu, Wacik telah membuat surat dan diklaim akan diteken hari ini. "Kebijakan BBN dan energi baru terbarukan (EBT) bisa gantikan porsi BBM solar yang ada saat ini," tutur Wacik.

Pihaknya mengatakan, bahwa subsidi dari BBM dan sektor kelistrikan wajib dikurangi guna menyehatkan anggaran negara. Khusus untuk kelistrikan, Wacik menyebut, PLN perlu mengganti pembangkitnya yang kini masih menggunakan BBM dengan EBT. "PLN jangan sampai pakai BBM. Kalau bisa pakai yang lain, seperti batu bara, geothermal, tenaga surya dan lainnya," kata Wacik. [mel]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA