Suap Migas, KPK Bisa Jerat Widodo Kernel Oil

MS
Oleh Marlen Sitompul
Kamis 29 Agustus 2013
share
(foto:ilustrasi)

INILAH.COM, Jakarta - Tidak tertutup kemungkinan pemilik PT Kernel Oil Pte Ltd Widodo Ratanachaitong, seorang warga negara Singapura diseret dalam perkara suap di lingkungan SKK Migas.

Pakar hukum, Asep Warlan Yusuf berpendapat, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa menjerat Widodo jika terbukti memberikan suap kepada SKK Migas guna melancarkan bisnisnya.

"Kalau dia punya perusahaan dan berhubungan dengan Indonesia maka bisa ditindak, karena telah menyuap pejabat negara," kata Asep di Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Lalu bagaimana jika Widodo berada di luar negeri? Asep mengatakan, hal itu tergantung dari perjanjian ektradisi antara Indonesia dan Singapura. "Kalau tidak punya perjanjian ekstradisi, maka kita harus menunggu dulu tindakan Singapura. Yang dimaksud ektradisi adalah ditangkap di Singapura lalu diserahkan untuk diadili di Indonesia," jelas Asep.

Sebelumnya, KPK juga menegaskan tidak menutup peluang akan memeriksa Widodo dalam perkara suap SKK Migas. "Kemungkinan itu sangat terbuka untuk diperiksa sebagai saksi," ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi Sapto Prabowo di kantornya, Rabu (21/8/2013). [mvi]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA