Politisi PDIP: Jokowi Belum Saatnya Jadi Capres

SB
Oleh Sonny Budhi Ramdhani
Kamis 29 Agustus 2013
share
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) - (Foto:inilah.com)

INILAH.COM, Bandung - Calon legislatif DPR RI dari PDIP, Pamriadi, menilai Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) belum layak menjadi calon presiden 2014. Dalam pandangannya, Megawati Sokernoputri lebih layak maju sebagai Capres.

"Sesuai amanat kongres Megawati yang pantas menjadi capres 2014. Kalau Jokowi, menurut saya belum waktunya. Dia harus menyesaikan dulu amanat masyarakat Jakarta, lima tahun ke depan," ujar Pamriadi.

Hal serupa dikatakan pengamat politik Ade Reza Haryadi. Menurut dia, Jokowi sebaiknya menyelesaikan dulu tugasnya sebagai gubernur DKI Jakarta. Karena dia mendapat amanah tersebut dari jutaan masyarakat. "Jangan mengecewakan rakyat Jakarta untuk maju sebagai capres 2014. Selesaikan dulu saja tugasnya," ungkap pria kandidat doktor ilmu politik di Universitas Indonesia ini.

Menurut Reza, memang hasil survei sejumlah kalangan Jokowi berada di peringkat teratas. Namun, menurutnya, dalam memilih capres, PDIP sebaiknya jangan mengandalkan popularitas, tetapi mengedepankan nilai-nilai. "Kalau bedasarkan popularitas akan bagaimana negara ini. Mari kita saring pemimpin bedasarkan nilai-nilai," ujar Reza yang ditemui seusai acara Latihan Kader Kepemimpinan Tingkat II HMI, Jabar di Bandung.

Reza mengatakan, menurut dirinya jika Jokowi dideklir menjadi capres ini akan berdampak buruk bagi PDIP, karena penilian negatif akan keluar dari banyak pihak terutama orang-orang Jakarta yang berharap permasalahan Jakarta dibereskan oleh Jokowi.

"Memang masalah pencalonan merupakan hak semua negara tetapi harus dipertimbangkan segala nilai-nilai berbangsanya," ujarnya.[tjs]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA