BI: Fed Masih Berpotensi Kurangi Stimulus AS

VS
Oleh Vinsensius Segu
Jumat 20 September 2013
share
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo - (Foto:inilah.com)

INILAH.COM. Jakarta - Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo menegaskan Indonesia perlu mempersiapkan diri jika nanti The Fed akhirnya jadi mengambil kebijakan mengurangi program stimulusnya.

"Terkait kebijakan The Fed yang masih melanjutkan program stimulusnya yang mesti kita lihat adalah behwa stimilus itu masih ada. Dan ke depan kemungkinan bukan dicabut tapi dikurangi secara bertahap dan memakan waktu cukup lama," kata Agus Martowardojo di Gedung BI Jakarta, Jumat (20/9/2013).

Agus melanjutkan, pihaknya sangat menghargai keputusan The Fed tersebut. Namun ke depan BI akan terus bersiap untuk menghadapi terjadinya perubahan situasi ekonomi Negara-negara maju.

"Kita sangat menghormati keputusan itu,tapi bagi Indonesia dan negara-negara di dunia terutama negara berkembang harus selalu mempersiapkan diri jika stimulus itu nanti akan dikurangi, maka akan berpengaruh," katanya.

Untuk itu, Agus menambahkan Bank Indonesia akan selalu berkoordinasi dengan para stakeholder nasional untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi perubahan cuaca moneter Indonesia ke depan.

"Tidak ada kata terlambat, kita akan terus berkoordinasi dengan pemerintah, dengan DPR, serta lembaga-lembaga lain untuk kita sama-sama meyakini bahwa kita mempersiapkan diri dengan baik," tutup Agus. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA