Idul Qurban, Kemendag Permudah Impor Sapi

WI
Oleh Wiyanto
Jumat 20 September 2013
share
Direktur Jenderal Kemendag, Sri Agustina - (Foto:istimewa)

INILAH.COM, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) mempersiapkan kebutuhan sapi pada Idul Adha. Kebutuhan sapi pada hari raya qurban tersebut tentunya dalam jumlah besar.

Direktur Jenderal Kemendag Sri Agustina mengatakan pada Idul Adha sapi yang akan dipotong kebanyakan yang berasal dari domestik. Pada saat itu muqorib atau orang yang berqurban hewan sapi dan kambing tidak memikirkan harga.

"Idul Adha yang diperlukan sebenarnya sapi lokal, dan harga berapapun orang beli, qurban itu nggak mikirin harga," ujar Sri di kantornya, Jumat (20/9/2013).

Untuk mengantisipasi kekurangan sapi qurban lokal, Kemendag sudah mempersiapkan Surat Persetujuan Impor (SPI). Tujuannya agar importir sapi dapat merealisasikan ijinnya guna kebutuhan hari raya haji istilah lain hari Idul Adha. "Kita akan segera keluarkan SPI untuk daging beku, kemudian sapi bakalan dan sapi potongnya sedang dipersiapkan," ucap Sri.

Sri menjelaskan besaran jumlah impor sapi yang siap potong untuk hari raya Qurban nanti masih menunggu tuntas SPI yang akan dikeluarkan. Kalau SPI-nya sudah baru akan diketahui berapa kebutuhan sapi yang akan diimpor.

Menteri Pertanian, Suswono menjamin pasokan sapi potong pada hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban beberapa bulan ke depan akan aman.

"Sapi bakalan belum masuk semua, nanti akan masuk untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha yang terlaksana beberapa bulan lagi," ujar Suswono. [hid]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA