MUI Minta Tempo Buktikan Hadiah Rp820 Miliar

EM
Oleh Ediya Moralia
Kamis 27 Februari 2014
share
inilah.com

INILAHCOM, Jakarta Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta Majalah Tempo membuktikan bahwa MUI menerima uang AUD78 juta atau Rp820 miliar dari lembaga sertifikasi halal di Australia.

Dalam siaran pers MUI yang diterima INILAHCOM, Rabu (26/2), menyebutkan pada Rubrik Opini halaman 29 pada alinea keempat Majalah Tempo menulis, "Demi mengantongi izin perusahaan sertifikasi di Australia, menurut laporan The Sunday Mail, Brisbane, Oktober tahun lalu, memberi "hadiah" kepada MUI yang nilainya mencapai Aus$ 78 juta atau sekitar 820 miliar."

MUI menganggap tulisan itu menyesatkan karena dana sebesar itu sepeser pun tidak pernah masuk ke MUI atau petinggi MUI.

"The Sunday Mail tidak menuliskan angka Aus$78 itu. The Sunday Mail juga tidak menyebutkan uang itu untuk MUI, tetapi untuk lembaga sertifikasi di Australia yang di-endorse oleh MUI. Jadi wartawan Tempo salah menerjemahan berita itu," kata Ketua MUI Amidhan.

Menurut dia, saat mengeluarkan sertifikasi halal atau menyetujui suatu badan sertifikasi halal di luar negeri, MUI tidak pernah menerima hadiah.

"MUI meminta Majalah Tempo untuk membuktikan bahwa MUI telah menerima senilai AUD78 juta atau sekitar Rp820 miliar tersebut," jelas siaran pers yang ditandatangani oleh Amidhan itu.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA