Okky Asokawati Jelaskan Soal PP Aborsi

AH
Oleh Anton Hartono
Minggu 17 Agustus 2014
share
Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PPP, Okky Asokawati - (Foto: dpr.go.id)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PPP, Okky Asokawati menjelaskan polemik soal Peraturan Presiden (PP) No.61/2014 atau biasa dikenal dengan PP Aborsi. Namun Okky menegaskan bahwa aborsi yang dimaksud berbeda dengan aborsi hamil diluar nikah.

PP tersebut merupakan amanah UU Kesehatan Pasal 15 ayat 1 yang menyebutkan dalam keadaan darurat sebagai upaya untuk menyelamatkan jiwa ibu hamil dan janinnya dapat dilakukan tindakan medis tertentu. "Tindakan medis dapat dilakukan bila terdapat kelainan medis dan kehamilan akibat perkosaan," jelas Okky kepada INILAHCOM melalui rilisnya, Minggu (17/8/2014).

Menurutnya tindakan medis itu dapat meringankan beban psikologis bagi korban dan memiliki harapan kualitas hidup yang proporsional. Dan untuk melakukan itu harus memiliki surat pengantar dari penyidik, psikolog/psikiater serta orangtua atau suami yang bersangkutan.

Bahkan PP tersebut juga sudah dijelaskan sebelumnya oleh Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI). Karena dikhawatirkan PP itu disalahgunakan bagi kehamilan diluar nikah.

"Ketika mendengar kata aborsi maka yang terlintas adalah kehamilan di luar nikah. Padahal PP itu justru melindungi kualitas hidup perempuan. Mengingat saat-saat ini banyak perempuan korban pelecehan seksual," tandasnya. [ton]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA