Anggaran Desa Rp20 Triliun Sesuai Janji Politik

AD
Oleh Aris Danu Cahyono
Sabtu 14 Februari 2015
share
Pakar Ekonomi Didik J Rachbini - (Foto: inilahcom)


INILAH.COM, Jakarta - Pakar Ekonomi Didik J Rachbini menyambut baik anggaran desa sebesar Rp20 triliun yang disiapkan pemerintah. Didik mengatakan, itu sesuai janji-janji Parpol ketika kampanye.

"Secara ekonomi pembangunan Rp20 triliun ini injeksi ke desa. Ini luar biasa besar tapi bagus. Ini sesuai dengan janji-janji partai politik," jelas dia dalam diskusi Perspektif Indonesia bersama Smart FM di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/02/2015).

Menurut dia, anggaran dengan jumlah besar itu harus diawasi secara benar pelaksanaannya karena rawan konflik. "Nah, baik secara ideal ini, secara niat ini bagus tapi kalau cuma diberikan begitu saja bisa perang ini," ujar dia.

Berita sebelumnya, terkait dana desa Rp 20 triliun, dua Kementerian sempat berebut 'lahan' pengelolaan dana tersebut. Yakni Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dan Kementerian Dalam Negeri. Masing-masing kementerian punya alasan, Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi beralasan saat urusan desa berada dibawah kementeriannya. Sedangkan Kemendagri sendiri memiliki Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa yang juga merasa punya kewenangan.

Terkait adanya sedikit polemik dana desa ditingkat pusat, Didik berharap hal itu tidak mengganggu jalannya kebijakan pemerintah. "Lebih baik ditempat yang salah tapi dijalankan dengan benar daripada di tempat benar tapi disalahgunakan," tandas dia. [aji]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA