Perundingan Yunani-Zona Euro Dilanjutkan Kamis

IN
Oleh inilahcom
Kamis 25 Juni 2015
share
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Brussel - Pertemuan para menteri keuangan zona euro dihentikan pada Rabu, dua jam setelah pembicaraan penting kelompok yang bertujuan untuk mengamankan kesepakatan guna menyelamatkan Yunani dari gagal bayar, dan akan dilanjutkan pada Kamis (25/6/2015).

"Kami belum mencapai kesepakatan," kata Presiden Eurogroup Jeroen Dijsselbloem kepada wartawan. "Tapi kami bertekad untuk melanjutkan pekerjaan kami ke arah apa yang diperlukan." "Kami sekarang akan menunda pertemuan dan berkumpul kembali besok pukul 13.00," tambahnya.

Sumber yang dekat dengan Uni Eropa mengatakan bahwa suspensi itu untuk membuka jalan bagi Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras pembicaraan satu-ke-satu dengan pemimpin negara-negara kreditor internasional.

Media melaporkan bahwa para kreditor telah meminta perubahan seluruh proposal pensiun yang disajikan oleh Tsipras pada Senin pagi sebelum pertemuan darurat antara para pemimpin negara-negara zona euro sore hari itu.

Namun demikian KTT darurat Senin, gagal untuk menutup kesepakatan, dan zona euro harus mengadakan pertemuan pada Rabu untuk menyelesaikan proposal Yunani.

Tsipras men-tweet beberapa jam sebelum pertemuan, mengatakan bahwa "mereka tidak ingin kesepakatan atau mereka membantu kepentingan tertentu di Yunani," yang membangkitkan kekhawatiran bahwa apakah Yunani dan kreditor akan mencapai kesepakatan menyelamatkan Yunani dari kemungkinan keluar mungkin dari euro.

Yunani harus membayar pinjaman 1,6 miliar euro (sekitar 1,79 miliar dolar AS) kepada IMF pada akhir bulan ini. Negara ini akan menghadapi gagal bayar (default) jika gagal melakukan pembayaran, yang dapat memicu "kontrol modal" di bank-bank.

Para pemimpin Uni Eropa akan mengadakan pertemuan di Brussel pada Kamis dan Jumat. Pembicaraan utang Yunani diperkirakan akan menjadi topik utama. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA