Polisi Sita Plat Bertuliskan Huruf Arab

AD
Oleh Aris Danu
Jumat 29 Januari 2016
share
(Foto: Antara)

INILAH.COM, Sidoarjo-Puluhan plat alumunium bertuliskan arab disita petugas Kepolisian Resor Sidoarjo, Jawa Timur dari CV AJ yang berada di Desa Kalisampurno, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Kepolisian Resor Sidoarjo Ajun Komisaris Besar Polisi Anwar Nasir mengatakan, puluhan plat tersebut sebagian ada yang bertuliskan penggalan ayat suci Al Quran.

"Bahkan, plat-plat dengan tulisan Arab ini sebagian sudah digunakan sebagai bahan baku pembuatan antena televisi," katanya kepada wartawan di Polres Sidoarjo, Kamis (28/1/2016).

Ia mengatakan, puluhan plat tersebut disita karena dikhawatirkan akan menimbulkan keresahan di masyarakat..

"Terdapat sebanyak 64 plat alumunium diamankan karena memiliki huruf Arab, nukilan ayat Al Quran, dan lambang salib," katanya.

Penyitaan plat ini berdasarkan laporan Polres Kabupaten Pasuruan yang menemukan ada nukilan huruf Arab pada baling-baling belakang antena televisi yang diproduksi di Sidoarjo.

"Setelah kami telusuri, ternyata pabriknya di Tanggulangin," katanya.

Ia menambahkan, plat aluminium yang didapat dari berbagai percetakan itu mulanya diolah dengan dibersihkan bagian tulisan dan huruf apa pun dengan soda api.

"Karena karyawan yang bagian menggosok tidak kerja lagi, maka antena dibuat apa adanya, tulisan dan lambang yang ada tidak digosok atau dibersihkan terlebih dahulu," katanya.

Antena yang diproduksi ini sudah beredar, tapi belum banyak dan sebelum menjadi polemik pihak kepolisian sudah menyitanya.

"Kami menyita plat serta antena tersebut, namun khusus yang ada huruf Arab serta simbol keagamaan," tandasnya. [tar]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA