China Kerahkan Patroli Udara di Wilayah LCS

IN
Oleh inilahcom
Selasa 19 Juli 2016
share
(Foto: Rand)

INILAHCOM, Beijing - Angkatan Udara China atau People's Liberation Army Air Force (PLAAF) baru-baru ini melakukan patroli udara di atas wilayah Laut Cina Selatan (LCS), yang menurut seorang juru bicara militer, Senin (18/7/2016), akan dijadikan 'kegiatan berkala'.

PLAAF mengerahkan pesawat-pesawat pengebom H-6K dan tipe lain, yaitu jet tempur, pesawat pemandu dan pesawat pengisi bahan bakar, untuk mengawasi kepulauan dan karang, termasuk Beting Scarborough.

Beting Scarborough inilah yang jadi salah satu pokok sengketa perairan China dengan Filipina. China secara agresif dan tidak sungkan lagi mengklaim hampir semua wikayah LCS. Sembilan garis putus-putus tanpa koordinat jelas menjadi salah satu pokok pangkal klaim sepihak mereka.

Mahkamah Arbitrase PBB di Den Haag, Belanda, dalam amar putusannya pekan lalu menetapkan bahwa China tidak punya landasan historis untuk memiliki perairan LCS yang mereka klaim.

Selama menjalankan misi, kata Shen Jinke, juru bicara PLAAF, pesawat akan melaksanakan berbagai tugas, seperti pemanduan udara, pertempuran udara serta patroli terhadap pulau dan karang.

Menurut Shen, patroli PLAAF bertujuan memajukan latihan perang sesungguhnya di lautan, meningkatkan kemampuan memerangi berbagai ancaman keamanan serta menjaga kedaulatan dan keamanan nasional.

"Untuk dapat memenuhi misi itu secara efektif, angkatan udara akan terus melaksanakan patroli tempur secara berkala di wilayah LCS," ujarnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA