Macron Bawa Bursa Eropa Cetak Rekor Tertinggi

WM
Oleh Wahid Ma'ruf
Rabu 26 April 2017
share
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, London - Bursa saham Eropa bergerak lebih tinggi pada perdagangan Selasa (25/4/2017). Indeks masih terpengaruh kemenangan Emmanuel Macron telah memenangkan putaran pertama pemilihan Prancis.

Indeks FTSE naik 0,1 persen, indeks DAX bertambah 0,1%, indeks CAC menambahkan 0,1% dan indeks IBEX naik 0,1 persen. Indeks acuan Eropa Stoxx 600 naik 0,2 persen dengan dukungan semua sektor saham di wilayah positif. Indeks tersebut mampu menembus level tertinggi sejak Agustus 2015 seiring kenaikan Wall Street di AS.

Perawatan kesehatan ditutup sebagai sektor dengan kinerja terbaik pada hari Selasa. Kelompok kimia dan kelompok ilmu pengetahuan Swiss Lonza meningkatkan perkiraan pertumbuhan penjualannya menjadi satu digit tinggi.

Sahamnya naik 4,1 persen pada berita tersebut. Di tempat lain, Novartis mengumumkan pendapatan inti kuartal pertama turun 4 persen menjadi $ 2,69 miliar, mengalahkan ekspektasi. Sahamnya naik 2,1 persen pada hari Selasa.

Barang-barang rumah tangga juga lebih tinggi setelah perusahaan barang mewah Louis Vuitton mengatakan akan menguasai sepenuhnya Christian Dior dengan membeli saham di perusahaan fashion yang belum dimiliki. LVMH naik 3,9 persen sementara Christian Dior melonjak 11 persen karena berita tersebut.

Saham perbankan memperpanjang kenaikan yang dilakukan pada sesi sebelumnya karena harapan kandidat sentris Emmanuel Macron akan menjadi presiden Prancis berikutnya. Analis percaya skenario ini harus mendorong ekonomi euro terbesar kedua dan menjaga zona euro tetap utuh.

Selanjutnya, Credit Agricole mengumumkan akan mempertimbangkan untuk membeli tiga bank tabungan di Italia. Pemberi pinjaman Prancis mengatakan bahwa proyek tersebut "masih dalam tahap awal." Sahamnya sedikit lebih tinggi pada hari Selasa.

Sementara itu, di A.S., rata-rata industri Dow Jones dan S & P 500 yang lebih luas keduanya terus berlanjut sementara indeks komposit Nasdaq melintasi level 6.000 untuk pertama kalinya dalam sejarahnya. Saham A.S. didorong oleh banjirnya pendapatan perusahaan yang kuat untuk memperpanjang kenaikan dari sesi sebelumnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA