Menag Ingin Indonesia Jadi Peradaban Islam Dunia

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Selasa 05 Juni 2018
share
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) diharapkan tidak hanya memiliki fakultas-fakultas dan perpustakaan, melainkan pusat peradaban Islam.

"Pusat kajian strategis Islam, pusat studi kawasan Islam serta museum seni dan budaya Islam yang akan menjadi pusat reservasi ragam artefak dan manuskrip Islam nusantara," kata Lukman di Depok, Selasa (5/6/2018).

Karena menurut dia, selama ini jika berbicara soal peradaban Islam, maka publik akan mengetahui soal peradaban Islam Arab, peradaban Persia atau peradaban Turki tanpa menyebut peradaban Islam Indonesia.

Padahal, kata Lukman, sejarah peradaban Islam Indonesia telah melewati rentang waktu yang amat panjang serta telah mewariskan satu karakter yaitu Islam Wasathiyah yang terbukti handal mengembangkan nilai-nilai Islam dalam lingkungan budaya yang prural dan toleran.

"Selain itu, sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia, perdaban Islam di Indonesia menjadi salah satu pusat perhatian dunia," ujarnya.

Lukman mengakui secara umum dunia internasional mengapresiasi muslim Indonesia yang memiliki kemampuan mengelola keragaman budayanya, menjaga toleransi dan keharmonisan antar warganya, serta terbuka terhadap nilai-nilai dan universal demokrasi dan hak asasi manusia.

"Hal ini telah berhasil mengikat dunia muslim untuk belajar dan mengambil inspirasi dari Indonesia," jelas dia.

Ia menjelaskan kampus UIII akan memiliki tujuh fakultas yakni kajian Islam, Ilmu sosial, humaniora, ekonomi Islam, sains dan teknologi, pendidikan, serta arsitektur dan seni. Sementara, untuk tahun pertama tiga program studi yang akan dibuka adalah Islamic studies, political science dan education.

Menurutnya, meski tidak dibangun secara serempak namun bangunan-bangunan fakultas tersebut kelak akan terhampar megah dengan bangunan-bangunan seperti gedung rektorat, masjid, perpustakaan, museum seni dan budaya Islam, pusat kajian peradaban Islam, performing art center, convention center dan lainnya.[jat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA