Empat PNS Daftar Caleg di Kabupaten Jember

HK
Oleh Happy Karundeng
Rabu 22 Agustus 2018
share
(Foto: inilahcom/ilustrasi)

INILAHCOM, Jember - Komisioner KPU Jember Ahmad Hanafi mengatakan dari seluruh daftar nama yang mendaftar sebagai calon anggota DPRD, ada empat orang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tiga orang di antaranya dilaporkan masyarakat kepada Komisi Pemilihan Umum Jember.

"Pada prinsipnya laporan masukan masyarakat ini kami tindaklanjuti," katanya di Jember, Rabu (22/8/2018).

KPU Jember sendiri memang sudah mengidentifikasi empat nama caleg yang berstatus PNS dalam daftar calon sementara (DCS). Mereka mendapat perhatian khusus agar tak terlewat.

"Pada proses pencalonan, prosedur sudah terpenuhi. Merek harus melampirkan surat permohonan pengunduran diri. Kedua, harus ada tanda terima dari pihak yang berwenang terhadap surat tersebut. Ketiga, ada surat keterangan bahwa surat pengunduran diri itu dalam proses," kata Hanafi.

Mereka harus menunjukkan dan melampirkan surat keputusan pemberhentian PNS dari lembaga berwenang, selambatnya sehari sebelum rapat pleno penetapan daftar calon tetap (DCT), yakni 19 September 2018. "Kalau tidak ada, ya tidak akan masuk dalam DCT," kata Hanafi.

Keputusan untuk menetapkan PNS itu dalam DCT tidak didasarkan pada tanggal ditandatanganinya surat keputusan izin pengunduran diri, tapi pada tanggal diterimanya surat itu oleh KPU.

"Kami hanya menerima bukti materialnya," tandasnya. [beritajatim]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA