Pastikan T+2 Berjalan, BEI Bujuk 10 Emiten

MF
Oleh Mohammad Fadil Djailani
Selasa 04 September 2018
share
Direktur Perdagangan dan Pengaturan BEI, Laksono Widodo - (Foto: Inilahcom/Fadil Djailani)

INILAHCOM, Jakarta - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah membujuk para pemegang saham pengendali (PSP) dari 10 emiten untuk masuk dalam program Securities lending and Borrowing (SLB).

Hal itu untuk memastikan awal pelaksanaan penyelesaian transaksi dua hari atau T+2 berjalan lancar.

Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa BEI, Laksono W Widodo mengatakan, bahwa pelaksanaan program SLB masih terkendala dengan minimnya pihaknya yang tertarik menjadi peminjam efek atau lender.

"Kita tetap usahakan, terutama dari sisi resource lender-nya yang masih jadi tantangan," kata Laksono di Gedung BEI Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Laksono melanjutkan, pihaknya telah melakukan pembicaraan dengan beberapa institusi yang melakukan investasi dengan porsi besar di bursa dan para pemegang saham pengendali (PSP) emiten agar mau meminjamkan sahamnya dalam program SLB.

"Kita juga menghubungi secara informal para pemilik emiten, sampai saat ini ada PSP dari 10 emiten yang tergolong LQ45," jelas dia.

Seperti diketahui, penerapan penyelesaian transaksi dua hari atau T+2 akan berlaku efektif pada tanggal 26 November 2018. Pada masa peralihan dari T+3 maka transaksi tanggal 23 dan 26 November 2018 akan diselesaikan pada tanggal 28 November dan pada titik inilah rawan terjadi gagal serah efek. [jin]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA