PM Kanada Kecam China

IN
Oleh inilahcom
Selasa 15 Januari 2019
share
Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau - (Foto: AFP)

INILAHCOM, Ottawa--Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan sangat prihatin karena China telah memilih untuk "secara sewenang-wenang" melakukan hukuman mati terhadap seorang warga negara Kanada. VOA melaporkan, Selasa (15/1/2019).

Pernyataan ini adalah yang paling keras yang disampaikan Trudeau menghadapi sikap China. Trudeau menambahkan bahwa ia "sangat prihatin, sebagaimana juga semua negara di seluruh dunia" karena China memilih menerapkan sistem hukumnya secara sewenang-wenang dan pilihan itu tidak menghormati praktik kekebalan politik yang sudah dikenal sejak lama.

Pengadilan China memvonis hukuman mati terhadap seorang warga Kanada, Robert Lloyd Schellenberg pada Senin (14/1/2019) yang didakwa menyelundupkan narkoba.

Keputusan itu agaknya makin memperburuk hubungan yang telah tegang antara Kanada dan China atas apa yang tampaknya merupakan langkah pembalasan yang diambil oleh China, setelah pihak berwenang Kanada menangkap seorang eksekutif perusahaan teknologi China.

Meng Wanzhou, pejabat eksekutif keuangan perusahaan Huawei, ditangkap di Vancouver pada 1 Desember atas permintaan AS, yang mengusahakan ekstradisinya atas dugaan pelanggaran sanksi perdagangan AS terhadap Iran. Menyusul penangkapan itu, China menahan dua warga Kanada di China atas tuduhan terkait keamanan nasional. [voa/lat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA