Pertamina Siap Bersaing untuk Jualan Avtur

IN
Oleh inilahcom
Selasa 19 Februari 2019
share
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengaku siap bersaing di bisnis avtur di bandara. Tak masalah apabila swasta ikutan berdagang avtur.

Kata Nicke, dalam aturan tidak ada yang melarang swasta untuk berbisnis avtur. Justru dalam aturan membuka siapapun yang ingin menjual avtur untuk dipermudah.

"Itu tantangan dan kami siap dan memang tantangan, secara regulasi sudah dibuka. Aturan itu sudah ada, sudah lama, semua boleh masuk," kata Nicke di Kemmenterian BUMN, Jakarta, Senin (18/2/2019).

Namun, ada beberapa persyaratan bagi pelaku usaha yang ingin jualan avtur. Salah satu yang paling penting adalah Badan Usaha harus menyediakan infrastruktur penunjang bisnisnya.

"Barrier to entry juga cukup besar ya karena harus punya infrastruktur. Tapi, persaingan itu sudah terjadi di mana-mana, itu merupakan tantangan bagi kita dan kita siap," kata dia.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo minta agar swasta ikut memasok avtur untuk pesawat. Hal ini disambut baik Presiden Direktur AKR Corporindo Haryanto Adikoesomo. Saat ini pihaknya bersama dengan British Petroleum (BP) berencana untuk memasuki bisnis tersebut.

Hariyanto mengatakan, nantinya bersama dengan BP pihaknya aka membentuk sebuah perusahaan patungan. Perusahaan patungan ini lah yang nantinya akan menjalankan bisnis Bahan Bakar termasuk Avtur.

"AKR sudah menandatangani joint venture dengan BP. Saat ini sedang tahap persiapan," kata dia beberapa waktu lalu. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA