Paus: Pastor Pelaku Pelecehan Seksual 'Alat Setan'

IN
Oleh inilahcom
Senin 25 Februari 2019
share
(Foto: BBC)

INILAHCOM, Vatikan--Paus Fransiskus berjanji bakal menempuh langkah konkret untuk menangani kasus-kasus pelecehan seksual terhadap anak-anak yang melibatkan sejumlah pastor Gereja Katolik.

Dalam konferensi yang diikuti semua kepala perkumpulan uskup lebih dari 130 negara, Paus Fransiskus mengatakan pastor pelaku pelecehan seksual adalah "alat setan". Demikian laporan yang dikutip dari BBC, Senin (25/2/2019).

Adapun kasus pelecehan seksual terhadap anak, kata sang Paus, mengingatkannya pada praktik pengorbanan anak pada ritual-ritual kuno penyembahan berhala.

"Saya diingatkan praktik keji mengorbankan manusia, utamanya anak-anak, dalam ritual pagan yang pada suatu masa dilakukan secara luas dalam budaya tertentu," ujarnya pada hari terakhir konferensi di Vatikan.

"Fenomena tak berperikemanusiaan di dunia ini menjadi lebih serius dan lebih menjadi skandal di gereja karena kontras dengan otoritas moral dan kredibilitas etikanya," sambungnya.

"Orang-orang yang ditahbiskan, dipilih oleh Tuhan untuk menuntun jiwa-jiwa menuju keselamatan, membiarkan diri mereka ditundukkan oleh kerapuhan manusia atau oleh penyakitnya sendiri kemudian menjadi alat setan. Dalam pelecehan, kita melihat tangan setan yang tidak memedulikan kemurnian anak-anak."

Paus Fransiskus menambahkan, para korban kini menjadi prioritas dan dirinya berjanji akan mengakhiri praktik menutup-nutupi sehingga para pelaku akan diadili. [bbc/lat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA