inilah.comnewsJelang Debat III Sandi Minta Saran Anies

Jelang Debat III Sandi Minta Saran Anies

OlehFadhly Dzikry
Rabu, 27 Februari 2019 - 23:00 WIB
Share

INILAHCOM, Jakarta - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 02, Sandiaga Uno mengatakan dirinya sudah mulai menyiapkan bahan untuk debat ketiga pada 17 Maret nanti. Untuk mempertajam bahan debat, Sandi pun mulai banyak mendengar saran dari beberapa koleganya, salah satunya dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Saya sempat diskusi dan makan siang dengan Pak Anies. Dan Pak Anies juga menyampaikan pokok-pokok pikirannya karena waktu kita di DKI sama-sama berjuang, beliau juga Menteri Pendidikan," kata Sandi, Rabu (27/22019).

Salah satu saran Anies lanjut Sandi, yaitu hal paling utama yang akan diperjuangkan dalam sektor pendidikan ketika terpilih menjadi Wapres nanti adalah sistemnya.

"Hal yang paling utama yang ingin kita perbaiki adalah sistem pendidikan. Dan sektor pendidikan yang ada di DKI ini yang sudah mulai pelan-pelan diperbaiki di DKI. Alhamdulillah mulai dari pendidikan anak usia dini sampai ke mahasiswa, kami punya terobosan di DKI," tuturnya.

"Tapi di DKI tidak bisa disamakan dengan daerah yang lain karena relatif kecil tempatnya, masyarakat lebih terdidik dan terekspos kepada, ya namanya juga ibukota. Tapi bagaimana program di DKI ini bisa digunakan sebagai batu pijakan kita untuk mendesain secara nasional yang lebih baik lagi," sambung Sandi.

Tak hanya itu, Sandi juga turut menyoroti mengenai nasib guru honorer yang saat ini banyak belum mendapatkan perhatian yang layak.

"Mereka harus dikembalikan rasa keadilannya. Mereka sudah bertahun-tahun, ada yang sampai puluhan tahun mengabdi tapi tidak ada peningkatan kesejahteraannya dan peningkatan statusnya. Jadi hampir tiap kunjungan kami lakukan di 1.200 lebih lokasi kunjungan yang kami lakukan guru-guru honorer menjerit karena mereka tidak diperlakukan secara adil," ujar Sandi.

Selain dengan Anies, Sandi juga bertemu dengan guru besar ekonomi di Universitas Indonesia, Sri Edi Swasono bersama istrinya, Meutia Hatta. Sandi mengaku mendapat masukan dari kedua Guru Besar UI tersebut mengenai kehidupan berbangsa, pendidikan, dan ekonomi kerakyatan.

"Saya bertekad menumbuhkan koperasi menjadi unicorn koperasi (Unikop) yang membuka lapangan kerja seluas-luasnya seperti yang dicita-citakan oleh Bung Hatta," ujar Sandi.

Untuk diketahui, debat ketiga Pilpres 2019 akan diselenggarakan pada 17 Maret 2019 dengan tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan kebudayaan. Debat ketiga hanya menampilkan sosok Calon Wakil Presiden tanpa didampingi Calon Presiden. [fad]

Dapatkan update berita pilihan, breaking news dan artikel menarik lain setiap hari dari inilah.com, klik untuk mengikuti

Kanal WhatsApp

dan

Google News

inilah.com.

Topik
Share
BERITA TERKAIT