Baku Tembak, Polisi Sita Senpi Milik Kelompok MIT

MY
Oleh Muhammad Yusuf Agam
Senin 04 Maret 2019
share
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Satgas Tinombala melakukan kontak tembak dengan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT). Dalam baku tembak itu, Satgas menyita senjata jenis M16.

Dari foto yang diterima INILAHCOM, senjata M16 itu milik Basir alias Romzi yang tewas dalam baku tembak. Pria asal Bima itu kini telah dievakuasi guna dilakukan identifikasi.

"Tertembak romzi alias basir diduga berasal dari Bima. Dan meninggal dunia dengan barang bukti 1 senjata M16," jelas Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Rudy Sufahriadi di Mabes Polri, Jakarta, Senin (4/3/2019).

Rudy mengatakan dalam baku tembak itu, 3 orang kabur, sementara satu orang lain bernama Aditya alias Idad berhasil ditangkap hidup-hidup. Operasi Tinombala ini akan terus dilakukan sampai kelompok MIT seluruhnya tertangkap.

"Kekuatan mereka saat ini hanya tinggal ini senjatanya M16 sisa 2. Senjata pendeknya ada dua revolver, jadi kemarin orang yang nambah 6 tapi senjatanya tidak tambah," ucapnya.

Operasi Tinombala ini menerjunkan 3 satuan setingkat Kompi dari Polda (1 kompi 100 orang), 1 SSK (100 personel) dari Mabes Polri dan 2 satuan setingkat kompi dari TNI.

Rudy menjelaskan alasan klasik kelompok tersebut sulit dilumpuhkan yakni karena Medan yang cukup berat. Sementara kelompok MIT itu telah mengetahui Medan di kawasan pegunungan itu.

"Dari dulu kendalanya klasik Medan (jalur) yang susah dan mereka berpindah-pindah, mereka lebih menguasai Medannya, sementara satuan yang bertugas itu gantian 6 bulan sekali. Ketika baru menguasai Medan, dia waktunya terbatas harus berpindah," ungkapnya. [ton]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA