RI Tuan Rumah Dialog Tingkat Tinggi Indo-Pasifik

IN
Oleh inilahcom
Selasa 19 Maret 2019
share
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta--Indonesia akan menjadi tuan rumah Dialog Tingkat Tinggi Kerjasama Indo Pasifik. Pertemuan ini akan dilaksanakan di Jakarta pada 20-21 Maret 2019.

Dalam jumpa pers di kantornya, Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Desra Percaya menjelaskan pertemuan tersebut bersifat informal dan akan berlangsung tertutup.

Dia menambahkan Dialog Tingkat Tinggi Indo Pasifik ini akan dihadiri para pejabat tingkat tinggi dari 18 negara kunci di kawasan Indo Pasifik.Yakni, Amerika Serikat, Australia, Brunei Darussalam, Filipina, India, Indonesia, Jepang, Kamboja, Laos, Myanmar, Malaysia, Republik Korea, Cina, Rusia, Selandia Baru, Singapura, Thailand, dan Vietnam," kata Desra.

Menurut Desra, Dialog Tingkat Tinggi Indo Pasifik bertujuan meningkatkan kerjasama dan pembangunan rasa saling percaya di kawasan Samudera India dan Samudera Pasifik, yang mengarah pada kerjasama yang saling menguntungkan berdasarkan prinsip-prinsip keterbukaan, inklusif, dan penghormatan terhadap hukum internasional.

Sementara Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan kan Kementerian Luar Negeri Siswo Pramono mengatakan Dialog Tingkat Tinggi Indo Pasifik ini merupakan suatu proses yang akan mendorong pembentukan rasa saling percaya. Dia menambahkan yang dilakukan saat ini adalah membuat forum informal yang dinamis, di mana masing-masing negara menjelaskan konsepnya mengenai Indo Pasifik.

"Jadi tidak akan menyatukan menjadi satu konsep, tidak akan memperbandingkan untuk memperoleh siapa yang lebih. Tapi itu suatu upaya untuk mensinergikan," ujar Siswo.

Siswo berharap dari pertemuan Dialog Tingkat Tinggi Indo Pasifik ini akan terwujud kerjasama konkret dalam bentuk bilateral, trilateral, atau lainnya. [voa/lat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA