Jaksa Agung AS akan Rilis Laporan Mueller

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 30 Maret 2019
share
(Foto: VoaNews)

INILAHCOM, Washington DC--Departemen Kehakiman AS segera merilis ke publik laporan rahasia jaksa penyidik khusus Robert Mueller tentang penyelidikan yang dilakukannya terhadap campur tangan Rusia dalam Pemilu Presiden AS tahun 2016.

Dalam surat kepada Ketua Komite Kehakiman di DPR dan Senat, Jaksa Agung William Barr menulis bahwa jaksa penyidik khusus Robert Mueller membantu Departemen Kehakiman untuk mengkaji laporan dari bahan grand jury rahasia itu dan informasi rahasia lainnya.

"Melihat kemajuan yang kami capai, kami siap merilis laporan itu pada pertengahan April, atau lebih cepat lagi," ujar Barr dalam surat kepada Ketua Komite Kehakiman DPR Jerrold Nadler (Faksi Demokrat) dan kepada Ketua Komite Kehakiman Senat Lindsey Graham (Faksi Republik), seperti dikutip dari VOA, Sabtu (30/3/2019).

Barr menambahkan ia tidak berencana menyampaikan laporan itu kepada Gedung Putih setelah mendapat lampu hijau dari Presiden Donald Trump, bahkan Trump menurutnya menyerahkan kepadanya untuk merilis laporan itu dalam bentuk yang dianggap tepat.

"Meskipun Presiden Trump berhak menegaskan hak-hak istimewanya pada sebagian laporan itu, ia telah menyampaikan secara terbuka bahwa ia berniat menyerahkannya kepada saya. Oleh karena itu tidak ada rencana untuk menyerahkan laporan itu ke Gedung Putih untuk dikaji terlebih dulu," tulis Barr. [voa/lat[

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA