Bamsoet: Pemerintah Segera Bantu Korban Banjir NTB

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Jumat 05 April 2019
share
Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera menolong warga yang menjadi korban banjir bandang di Kecamatan Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Mendorong BNPB, BPBD, Tim SAR gabungan serta Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) untuk melakukan upaya pertolongan kepada warga, prioritas pada penyelamatan jiwa dan melakukan pendataan serta identifikasi kerugian akibat bencana tersebut," kata Bamsoet, Jumat (5/4/2019).

Kemudian, Bamsoet meminta Kementerian Sosial berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Taruna Siaga Bencana (TAGANA) untuk memobilisasi pemberian dan penyaluran bantuan kemanusiaan.

"Supaya kebutuhan para pengungsi dapat disalurkan tepat sasaran dengan memperhatikan informasi dan data yang sudah diverifikasi, mengingat terdapat sekitar 247 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir bandang," ujarnya.

Di samping itu, Bamsoet menyarankan Kementerian Kesehatan untuk siaga dalam menyediakan obat-obatan dan tenaga kesehatan guna mengantisipasi berbagai penyakit yang timbul dan dialami oleh para pengungsi.

"Kemensos membuat klinik trauma healing pasca bencana, guna membangun dan memulihkan kembali mental dan psikis korban terdampak banjir bandang," tandasnya. [adc]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA