Luhut Yakin Unicorn Sektor Perikanan Akan Muncul

IN
Oleh inilahcom
Senin 08 April 2019
share
Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan berharap aplikasi digital (startup) Indonesia di sektor perikanan bisa terus berkembang dan menembus level unicorn.

Luhut mengatakan, saat ini telah ada startup perikanan buatan anak bangsa seperti Aruna dan FishOn. Keduanya diharapkan bisa terus berkembang dan berkontribusi bagi kemajuan sektor perikanan Indonesia.

"Sebenarnya sudah ada startup Aruna. Nah ini nanti dibuat lagi satu model, kita akan satu bikin model nanti akan akan jalan, kita akan pindahkan ke tempat lain. Kita harapkan CSR BUMN bisa berpartisipasi karena ini kan menyentuh ekonomi nelayan di bawah," ujar dia di The Telkom Hub, Telkom Landmark Tower, Jakarta, Senin (8/4/2019).

Menurut dia, Aruna dan FishOn serta startup perikanan punya potensi besar untuk menembus level unicorn mengingat kekayaan laut Indonesia yang begitu banyak dan bisa dimanfaatkan.

"Selama ini kita coba. Apakah ini akan berhasil? Kalau dikelola dengan bagus pasti akan berhasil. Aluna contohnya, mereka bisa di 10-12 provinsi di Indonesia timur dan barat dalam masalah ikan," kata dia.

Luhut mengungkapkan, pemerintah akan terus berusaha membantu pengembangan aplikasi-aplikasi semacam ini. Salah satunya dengan mempermudah proses perizinan investasi.

"Tinggal pemerintah bagaimana, misalnya mereka minta masalah izin. Saya kita tugas kita sebagai pejabat pemerintah untuk memberikan pelayanan dan mempermudah, tidak hanya sekedar melarang saja," tandasnya.[jat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA