Indef: Pangkas Aturan Investasi Hanya Klaim Darmin

IH
Oleh Indra Hendriana
Jumat 12 April 2019
share
Ekonom Senior Indef, Nawir Messi

INILAHCOM, Jakarta - Perbaikan pada peringkat kemudahan berbisnis, dinilai belum bisa dilirik oleh penanaman modal asing (PMA). Di mana, realisasi PMA malah turun. Berarti ada masalah dong.

Ekonom Senior Indef, Nawir Messi menilai, hal ini dikarenakan kordinasi pemerintah pusat dengan daerah tidak berjalan baik. Sebab, pencabutan izin yang dilakukan pemerintah pusat yakni Kementerian Koordinator Perekonomian atas kendali Darmin Nasution tidak dilaksanakan oleh daerah.

"Kalau pusat Pak Darmin mengklaim mencabut sekian banyak regulasi itu ternyata reformasi terjadi di lapangan banteng saja. Di daerah-daerah tidak ada (pelaksanaan)," kata Nawir dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (11/4/2019).

Nah, untuk membangkitan hal itu lagi, tentunya siapapun yang akan menjadi peminpin dari hasil pemili 2019 harus memperbaiki koordinasi antara daerah dengan pusat. Dengan demikian, iklim investasi diyakini akan membaik.

Sebab, para investor tidak akan bingung dengan aturan yang ada di pusat, dan daerah. Bahkan, aturan di pusat sama dengan aturan di daerah. "Pemerintah yang akan datang harus mampu meletakan koordinasi antara daerah dan pusat. Sehingga orang asing tidak mengenal ratusan reinvestasi. Apa ke lapangan banteng atau ke menteri perindustrian (dulu)," kata dia. [ipe]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA