KPU Harus Segera Distribusi Surat Suara di Daerah

AF
Oleh Ahmad Farhan Faris
Sabtu 13 April 2019
share
Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Bawaslu agar meminta kepada partai politik untuk menugaskan pengawas di TPS mengingat kurangnya petugas pengawas di Papua dan Papua Barat.

"Bawaslu harus minta partai supaya menugaskan pengawas di TPS yang belum atau minim jumlah pengawas, serta memastikan seluruh TPS memiliki personel yang lengkap untuk mengawasi jalannya pemilu," kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Kemudian, KPU juga harus untuk segera memenuhi kekurangan surat suara sesuai dengan jumlah kekurangan surat suara yang disampaikan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan melakukan distribusi kekurangan surat suara ke KPU Daerah (KPUD).

Sebab, masih belum terdistribusinya pengganti surat suara yang rusak sebanyak 998.848 di Nusa Tenggara Timur dan 42.731 surat suara di Bangka Belitung.

"Karena Pemilu serentak akan dilaksanakan lima hari lagi dan perlunya antisipasi kekurangan logistik, seperti surat suara, pada saat Pemilu," ujarnya.

Di samping itu, Bamsoet meminta KPU bersama KPUD koordinasi untuk memenuhi kebutuhan logistik pemilu di Indonesia sehingga warga bisa menggunakan hak pilihnya pda 17 April 2019.

"Masyarakat diimbau datang ke TPS gunakan hak pilihnya agar pemilu dapat berjalan sesuai azas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil," tandasnya.

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA