Minggu Besok Spanyol Gelar Pemilu Nasional

IN
Oleh inilahcom
Sabtu 27 April 2019
share
(Foto: voanews)

INILAHCOM, Madrid--Para pemilih di Spanyol akan mendatangi tempat-tempat pemungutan suara pada Minggu (28/4/2019) dalam pemilihan nasional.

Dalam pemilihan itu Partai Sosialis yang berkuasa melawan empat partai utama lainnya, termasuk sayap kanan baru, Partai Vox, yang bersekutu dengan gerakan sayap kanan lain yang telah muncul di seluruh Eropa. Pemimpin sayap kiri maupun kanan-tengah mendesak pemilih agar meninggalkan sayap kanan.

Kandidat Sosialis yang berkuasa, Perdana Menteri Pedro Sanchez, mengatakan terbuka kemungkinan koalisi dengan Partai sayap kiri United We Can, meningkatkan kemungkinan kesepakatan pemerintahan kiri-tengah.

Haluan kanan, Partai Rakyat yang konservatif terpecah menjadi tiga kelompok besar, dengan partai Vox yang baru membuat terobosan dengan masuk menjadi pilihan.

Partai berhaluan kanan ketiga, Citizens, mengatakan hanya akan berkoalisi dengan Partai Rakyat untuk membentuk pemerintahan.

Tanpa satu partai pun diperkirakan menang mayoritas pada pemilu besok, spekulasi berpusat pada yang mana dari lima partai teratas Spanyol yang akan bergabung setelah pemungutan suara untuk membentuk pemerintahan koalisi.

Pemilihan yang tertutup bisa menghasilkan tawar-menawar politik berpekan-pekan yang bisa mencakup partai-partai yang lebih kecil mendukung kemerdekaan Catalonia, topik yang sangat memecah warga Spanyol. [voa/lat]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA