Polri Cegah Bachtiar Nasir ke Luar Negeri

MY
Oleh Muhamad Yusuf Agam
Jumat 10 Mei 2019
share
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - (inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Mantan Ketum GNPF-MUI, Bachtiar Nasir dicegah berpergian ke luar negeri. Pencegahan ini terkait kasus tersangka yang menjerat Bachtiar Nasir

"Ya betul (Dicegah keluar negeri). Surat permohonan sudah dibuat dan dikirim ke Direktorat Jenderal Imigrasi," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Bachtiar Nasir ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dana YKUS. Polisi menyebut adanya aliran dana yang diselewengkan ke Turki. Aliran dana ini yang dikumpulkan di rekening YKUS untuk aksi damai 212 dan 411 tahun 2016 lalu.

Bachtiar Nasir sedianya diperiksa hari ini, namun berhalangan hadir karena ada jadwal yang tak bisa ditunda. Polisi akan memanggil ulang Bachtiar Nasir pada pekan depan.

"(Surat pencegahan) diterbitkan karena dibutuhkan keterangan beliau dalam pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus TPPU," jelas Dedi.

Bachtiar Nasir sendiri sudah angkat bicara dan menyebut status tersangka yang menjeratnya sangat politis. Terlepas dari itu, melalui kuasa hukumnya, Bachtiar Nasir siap untuk memenuhi panggilan penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri. Namun, ia ingin diperiksa usai lebaran. [ton]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA