Prabowo Bakal Tolak Real Count, Ini Kata KPU

RM
Oleh Ray Muhammad
Rabu 15 Mei 2019
share
(Foto: inilahcom/Agus Priatna)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) angkat bicara soal pernyataan capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang menyatakan akan menolak hasil perhitungan suara real count pilpres 2019 yang dilakukan lembaga pemilu.

Adapun penolakan ini disampaikan Prabowo atas dasar adanya dugaan kecurangan yang dilakukan KPU sejak awal berlangsungnya pemilu, hingga kini yang telah memasuki proses penghitungan suara.

Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik menilai hal itu tak elok untuk dilakukan. Menurutnya, tudingan dugaan kecurangan ini perlu diiringi dengan langkah penyelesaiannya.

"Tidak perlu misalnya, mengucapkan (curang) di luar tapi tidak melakukan langkah-langkah untuk menyelesaikannya," ujar Evi di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).

Tak hanya itu, menurutnya tudingan kecurangan ini juga perlu disertai dengan pembuktian disertai fakta agar publik dapat mengetahui kebenarannya.

"Jika ada proses pemilu yang diduga curang, siapapun bisa melapor ke Bawaslu. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan melakukan investigasi dan disampaikan KPU sebagai rekomendasi, sehingga semua ada mekanismenya," tuturnya. [ton]

# TAG

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA