Caleg PPP Resmi Ditetapkan Tersangka Politik Uang

AD
Oleh Aris Danu
Rabu 29 Mei 2019
share
(Foto: ist)

INILAHCOM, Jakarta - Calon legislatif dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Makassar, Busranuddin Baso Tika (BBT), ditetapkan sebagai tersangka dugaan politik uang.

Sentra Gakkumdu Panwaslu Makassar menyerahkan berkas perkara dugaan politik uang ini ke Polrestabes Makassar.

"Iya, BBT sudah tersangka dan kasusnya sudah masuk dalam proses penyidikan," kata Kanit Tindak Pidana Umum Polrestabes Makassar AKP Abdul Rahim kepada awak media, Rabu (29/5/2019).

Busranuddin Baso Tika merupakan salah satu caleg PPP yang maju memperebutkan kursi DPRD Kota Makassar di daerah pemilihan (dapil) V Makassar. Dapil ini mencakup wilayah Mamajang, Mariso, dan Tamalate.

Terkait kasus politik uang tersebut Panwaslu Makassar juga telah melakukan klarifikasi terhadap tersangka. Panwaslu Makassar mendapat bukti kuat atas tindak pidana pemilu yang dilakukan oleh Ketua PPP Makassar tersebut.

"Dalam rapat keputusan pleno di Bawaslu menyatakan bahwa telah cukup bukti melakukan tindak pidana pemilu dan untuk diteruskan proses penyidikan tindak pidana pemilu oleh Gakkumdu," ujar Rahim.

Atas perbuatannya, tersangka Busranuddin Baso Tika dikenakan Pasal 523 ayat 1 UU 7/2017 tentang Pemilihan Umum dan terancam hukuman dua tahun penjara. [rok]

# TAG
PPP

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

Para Pencari Tuhan - inilah.com
Para Pencari Tuhan

mozaik 26 Mei 2020 00:05